SMK KESEHATAN LETRIS INDONESIA 2

Jalan SIliwangi No. 55 Kelurahan Pondok Benda - Kecamatan Pamulang Tangerang Selatan - Banten

Menghasilkan tamatan yang Kompeten dan Berakhlak

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan tema "KEBEKERJAAN"

Jum'at, 10 Nopember 2023 ~ Oleh OPS-1 ~ Dilihat 254 Kali

SMK Kesehatan Letris Indonesia 2 telah melaksanakan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan tema "Kebekerjaan" pada tanggal 6-8 November 2023.

Salah satu tema wajib yang ada pada P5 yaitu Kebekerjaan, projek pada tema kebekerjaan dimaksudkan untuk menggali dan mengembangkan potensi peserta didik agar memahami ruang lingkup dan karakteristik pekerjaan sesuai dengan program keahliannya, projek ini meliputi (1) Kenali Diri/Impian; (2) Bekali Diri/Penguatan Kompetensi; (3) Eksplorasi Potensi Lokal; (4) Kemampuan Komunikasi Efektif; (5) Kolaborasi dalam dunia kerja; (6) Kreativitas dan Proaktif; (7)Aktualisasi Diri; (8) Penerapan Komunikasi dalam Wawancara; (9) Personal Branding (Munuju Dunia Kerja); (10) Rencana Tindak Lanjut (RTL dan Change Project).

Tujuan tema Keberkerjaan adalah agar peserta didik mampu memahami ruang lingkup dan karakteristik dunia kerja sesuai dengan program keahlian yang diminati oleh siswa/i SMK Kesehatan Letris Indonesia 2.

Relevansi kegiatan pembelajaran utama nya adalah menerapkan Project Based Learning dengan melibatkan peserta didik dalam kerja dalam melaksanakan projek sosial. Kompetensi yang didapat peserta didik dapat di implementasikan pada penyelesaian permasalahan sekitar dengan memaksimalkan fungsi Ruang Praktik Siswa (Teaching Factory).
Peserta didik yang terlibat akan menjadi individu yang lebih efektif, peduli terhadap sesama, siap menghadapi tantangan, berjiwa pemimpin dan bertanggung jawab saat mereka berada di luar sekolah. Dengan kata lain kompetensi kejuruan yang didapat dari proses pembelajaran di SMK akan menempa peserta didik untuk Self-responsibility dan Responsibility to others. Seiring dengan perkembangan teknologi dan komunikasi bidang kebekerjaan, peserta didik SMK diharapkan dapat mengikuti platform digital. Projek ini dilaksanakan sesuai dengan karakteristik program keahlian dan/atau kompetensi yang dibuka oleh masing-masing SMK, dan merujuk pada kebutuhan softskills, hardskills, dan karakter dunia kerja. 

Kegiatan P5 ini peserta didik membuat projek River of Life layaknya aliran sungai, para peserta didik berkembang seiring berjalannya waktu dan berubah-ubah sepanjang jalurnya. Metode tersebut sering digunakan bagi siswa untuk memperkenalkan diri mulai dari lahir hingga sekarang atau bisa memproyeksikan dalam 5 atau 10 tahun kedepan. Maka dari itu, River of Life bisa menjadi refleksi diri, perencanaan masa depan hingga presentasi project. Karena River of Life sangat bersifat personal maka setiap orang tentunya akan berbeda-beda termasuk pada projek penguatan profil pelajar pancasila.

Selain itu kegiatan ini melibatkan pihak Sponshor seperti PT. Kimia Farma brand Marcks Teens yang memberikan wawasan tentang Berpenampilan pada saat Interview kerja untuk Laki-laki dan Perempuan. Selanjutnya melibatkan para Alumni yang sudah bekerja, melanjutkan kuliah, dan berwirausaha untuk memberikan wawasan dunia luar setelah lulus dari SMK Kesehatan Letris Indonesia 2.

  1. TULISAN TERKAIT